Categories
Blog

Tips Menembus Algoritma Tiktok, Trend Tiktok

Kalian mungkin pernah penasaran, bagaimana bisa video seperti itu menjadi sebuah video yang viral di TikTok? Tentunya jawaban penasaran dari kalian itu adalah semuanya karena sistem algoritma TikTok. Sebagai sebuah aplikasi yang masih tergolong baru, algoritma TikTok memang tampaknya masih misterius. Tapi, sebagaimana dengan Instagram dan Facebook, alogaritma TikTok juga dipengaruhi beberapa hal yang nantinya bisa kalian uji coba. Beberapa hal itu menyangkut seperti halnya waktu posting, pilihan musik yang dipakai, hingga penggunaan sebuah tanda pagar atau tagar atau (hastag). Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips, agar nantinya kalian bisa menembus algoritma TikTok.

Tips Menembus Algoritma Tiktok, Trend Tiktok

Ya tentunya agar unggahan kalian bisa mendapatkan feedback. Tapi, sebelum membahas hal apa saja yang nantinya bisa membuat video TikTok anda viral, kita tentunya bisa mempelajari dulu menu “For You”. Sebab salah satu dari kunci utama agar video kita nantinya mendapat feedback atau viral adalah di dalam menu ini. Jika video kalian nantinya ingin viral, maka video kalian yang harus berada di menu “For You” pada sebuah beranda orang lain, atau nantinya berada pada halaman followers kalian. Halaman “For You” ini jika di Instagram mirip dengan halaman “Explore”.

Agar video kalian nantinya berada di menu tersebut, TikTok nantinya akan melakukan sebuah kurasi. Tak semua jutaan unggahan yang ada di dalam TikTok akan dapat masuk ke dalam menu ini. Algoritma TikTok lah yang nantinya akan melakukan sebuah kurasi itu. Ada banyak hal yang dijadikan sebuah filter untuk dapat mengkurasinya. Mulai dari pemilihan tagar yang dipakai, musik, waktu posting, dan juga beberapa hal lainnya yang masih banyak lagi. Oleh karena itu kalian juga nantinya perlu menembus filter tersebut dengan menggunakan tips ini.

Hastag

Untuk dapat menembus “lotre” TikTok dengan masuk ke dalam menu “For You”, maka kalian nantinya juga harus memaksimalkan beberapa hastag saat nantinya memposting sebuah video. Beberapa pengguna telah yang melakukan sebuah uji coba dengan memanfaatkan beberapa hastag seperti halnya #Foryou, #For Page, dan juga hastag #FYP.

Selain taktik tagar dari #FYP, beberapa orang juga ada yang berhasil menembus algoritma “For You” dengan menambahkan beberapa tagar lainya yang saat itu sedang tren. Bagaimana mencari sebuah tagar yang sedang ngetren saat itu ? Coba nantinya buka menu “Discover” Tagar di sana yang nantinya akan ditandai dengan ikon “fire” merupakan sebuah tagar yang sedang trending. Tapi yang harus kalian catat juga, penggunaan tagar yang nantinya akan anda gunakan dan sedang ngetren tersebut, harus tetap relevan dengan unggahan yang nantinya kalian buat.

Jangan Gunakan Caption Panjang

Berbeda TikTok dengan Instagram atau Facebook, TikTok sendiri yang tidak didesain untuk berbagi sebuah esai yang panjang. Jadi unggahan kalian usahakan dengan menggunakan sebuah caption pendek aja. Pendek dan bisa dikolaborasikan dengan tanda tagar yang relavan dengan unggahan.

Ada tips membuat sebuah caption di TikTok nih. Pertama, buatlah kata-kata atau sebuah kalimat yang mengandung sebuah pertanyaan atau sebuah humor. Bisa juga kata yang membuat orang menjadi penasaran untuk menunggu dan kemudian mencari unggahan kalian yang lainnya. Misalnya cukup dengan kata simple seperti “Part 1”. Dengan kata seperti itu, nantinya orang pasti akan penasaran kalian sebenarnya sedang melakukan sebuah aktivitas berulang seperti apa.

Pemilihan Lagu atau Suara

Seperti halnya degan penggunaan tagar di dalam video, musik dan suara di TikTok punya sebuah peranan yang juga cukup besar terhadap konten kalian agar nantinya dapat ditemukan oleh pengguna lainnya.
Tips utamanya adalah anda yang wajib menggunakan lagu yang saat itu sedang trending. Ada beberapa cara yang juga dapat digunakan untuk menemukan musik yang sedang trend di gunakan.
Lewat Editor Video

Untuk menemukan sebuah suara baru atau musik yang sedang ngetren dan sedang populer di TikTok, kalian yang juga tentunya harus masuk ke dalam editor video TikTok. Tekan ikon plus yang terdapat di bagian bawah layar. Ketuk menu “Sound” yang ada di bagian atas layar. Nah, di sanalah nantinya kalian akan menemukan sebuah “library” lagu dan juga musik yang bisa di gunakan untuk video di TikTok. Di sana kalian bisa menelusuri lagu atau musik yang sedang tren di gunakan oleh orang-orang.

Simpan Dulu Gunakan Nanti

Jika kalian sedang mencari suara atau juga sedang mencari musik di library TikTok namun belum berencana untuk dapat menggunakannya, maka bisa menyimpannya dulu. Dengan cara Klik tulisan Add to Favorite.

Gunakan Suara atau Musik yang Disukai

Salah satu cara meraih hati para followers di TikTok, yaitu bisa menggunakan sebuah suara atau musik yang mereka sukai. Cara untuk mengetahui suara atau musik apa yang sedang disukai oleh para Follower adalah dengan melihat menu Analytics.

Di menu ini nantinya kalian dapat memilih tab Followers, dan nantinya di bagian bawah tab Followers kalian akan menemukan suatu atau musik teratas yang telah didengar oleh audiens selama 7 hari terakhir.
Coba pertimbangkan menggunakan suara atau pun juga musik tersebut untuk unggahan terbaru nantinya.

Pelajari Jam Aktivitas Followermu

Seperti halnya sebuah sosial media lainya seperti Facebook dan Instagram, TikTok pun mempunyai sebuah menu analytics yang cukup dahsyat. Disana kalian nantinya akan bisa mendapatkan data apa saja terkait unggahan anda. Nah, dalam hal ini pelajari jam-jam dimana unggahan anda banyak dilihat oleh para followers.
5. Buat Konten & Pengeditan Video Unik

Oleh karena TikTok adalah sebuah sosial media dengan unggahan berbasis video yang singkat. Maka buatlah sebuah video yang unik agar menarik. Gunakan dan memaksimalkan fitur-fitur pengeditan di TikTok. Jika anda sedang tidak ada ide, maka bisa melihat beberapa video TikTok yang viral dan bisa mempelajari teknik editing video tersebut.

Gunakan Lokasi

Penggunaan tag atau tanda sebuah lokasi ini, konon menjadi sebuah hal yang termasuk salah satu perhitungan dari algoritma TikTok. TikTok nantinya juga akan merekomendasikan video di dalam menu “For You” kalian lewat beberapa video yang dibuat oleh orang-orang yang tidak jauh dari posisi kalian pada saat ini. Istilahnya adalah, TikTok menggunakan sebuah algoritma berdasarkan dengan proximity atau berdasarkan kedekatan. Jadi jangan lupa setiap posting sertakan juga tag lokasi kalian.

Jangan Posting Video Terlalu Panjang

Beberapa pengamat menduga jika salah satu algoritma yang ada di dalam TikTok juga nantinya dapat memperhatikan waktu yang digunakan untuk melihat video. Video yang akan dilihat secara utuh sampai habis, nantinya akan lebih berpeluang masuk ke dalam kurasi TikTok, untuk nantinya ditampilkan di menu For You.

Jadi dalam hal ini jangan membuat video terlalu panjang. Durasi dalam video yang disarankan oleh TikTok adalah 15 detik . Kecuali kalian yakin jika konten kalian memang sangat bagus, dalam hal ini maksimal boleh dengan waktu 20 detik sampai dengan 30 detik.

Demikian itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mempelajari algoritma TikTok. TikTok sekarang ini menjadi salah satu sosial media yang tidak hanya bisa mendatangkan kepopuleran atau viral, namun anda dapat memperoleh keuntungan berupa endorse. Jadi tidak ada salahnya mempelajari algoritma TikTok, agar nantinya unggahan anda dapat viral.