Categories
Blog

Kaos Hits Tie Dye Kini Memanen Cuan

 


Seni kaos jumatan sekarang ini sedang menjadi sebuah tren di kalangan anak muda. Dengan hanya bermodalkan sebuah kaos putih polos, pewarna pakaian, karet dan juga botol dapat dikreasikan menjadi sebuah kaos hits yang dikenal sebagai Tie Dye. Trend kaos tie dye yang kini kembali sedang naik daun. Desain tie dye yang sangat cerah dan juga penuh dengan warna yang akan memanjakan mata. Selain itu, motif kaos satu dengan yang lainnya akan jadi berbeda-beda. Itulah mengapa timbul sebuah kesan eksklusif dari kaos tie dye yang nantinya akan digunakan.

Kaos Hits Tie Dye Kini Memanen Cuan

Arti kata dari tie dye sendiri yang ada di dalam bahasa Indonesia artinya adalah sbobet ikat (tie) dan juga celup dalam sebuah sistem pewarnaan (dye). Tie dye sendiri memang adalah salah satu dari teknik mewarnai kain yang memang sebenarnya sudah cukup lama dipraktikkan oleh orang Indonesia. Teknik tie dye ini yang biasanya hanya membutuhkan sebuah bantuan pengikat kain yang nantinya juga bisa menggunakan bantuan karet.

Biasanya motif yang akan ditemui cukup menarik, motif ini yang juga mampu memberikan sebuah kesan santai dan juga sebuah kesan keren. Motif yang satu ini juga merupakan sebuah pembuatan motif dengan menggunakan teknik yang cukup simpel. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa motif yang nantinya akan dihasilkan dari satu baju dan baju lainnya akan berbeda. Sehingga hal ini lah yang kemudian akan dapat memberikan sebuah kesan penampilan unik dan juga kesan keren. Perkembangan busana yang sekarang ini sudah semakin maju membuat model busana tie dye sekarang banyak menjadi sorotan.

Mengenal Kaos Tie Dye dalam Dunia Fashion

Corak dari kaos tie dye yang berani dan cerah dengan beragam warna yang mencolok, mungkin bagi sebagian orang akan membuat mata terasa buram. Namun, sebagian besar orang juga suka akan hal ini.
Salah satunya yang ada pada sebuah motif kaos tie dye yang kini sedang ramai kembali menjadi pilihan yang digunakan oleh kaum remaja. Kaos dengan menggunakan corak pelangi, umumnya sudah ada sejak dulu, namun keberadaannya yang tidak akan lekang oleh waktu.

Mungkin tidak semua orang yang akan suka motif yang terdapat pada busana tie dye. Meski tekniknya mudah, namun dalam pewarnaannya cukup sulit. Cara pewarnaan yang menjadi sebuah ciri khas cukup unik, yaitu dengan terhalangnya warna yang akan masuk pada sebuah area kain tertentu. Pada pewarnaan inilah nantinya anda akan bisa membuat pola melingkar atau pun pola abstrak.

Kaos dengan model tie dye ini memang sudah ada yaitu sejak tahun 60an. Busana ini memang sudah memiliki perkembangan yang cukup pesat. Sehingga desanya pun sekarang sudah semakin beragam.
Pola yang cukup mudah untuk di ciptakan, seperti pola melingkar yang unik dan juga pola abstrak. Memilih sebuah model kaos yang satu ini cukup menarik dan tentunya akan pas untuk trend busana kekinian.

Dasar Pembuatan Tie Dye

Teknik yang ada untuk sebuah pembuatan dari jenis busana yang satu ini memang memiliki sebuah cara khusus. Teknik ini yang sudah ada sejak dulu, dan pertama kali teknik ini berasal dari negara Amerika. Proses Pewarnaan yang nantinya akan cukup unik, dikenal dengan nama teknik ikat celup.

Cara membuat kaos tie dye pun juga sangat mudah. Siapa saja yang dapat melakukannya tanpa membutuhkan banyak peralatan. Saat anda ingin coba memperakyelanya, anda bisa memmanfaatkan peralatan yang tersedia di sekitar anda. Saat proses pembuatan kaos tie dye anda dapat menggunakan beberapa teknik yang bisa anda coba lakukan. Hal ini nantinya akan bertujuan untuk bisa mendapatkan sebuah variasi pola dan juga motif pada kaos tersebut.

Ada beberapa jenis pola, yang meliputi pola spiral, pola mandala, pola galaksi, pola gari dan masih banyak pola-pola lainnya. Semuanya dapat anda buat sendiri dengan proses yang sama.

Keistimewaan Teknik Tie Dye

Tidak seperti halnya teknik pembuatan baju yang lainnya, tie dye yang lebih terkenal dengan proses penjemputan dengan menggunakan tali atau juga karet. Selanjutnya kain kaos tie dye yang nantinya akan masuk ke dalam cairan pewarna khusus. Keistimewaan yang ada yaitu pewarna khusus dan tekniknya yang berbeda. Tali ataupun karet berfungsi seperti lilin saat membuat batik.

Tali tersebut nantinya mampu menutup bagian kain yang tidak akan diberi warna. Tujuannya sama yaitu untuk memperoleh motif tertentu. Hasil dari model kaosnya mampu memberikan sebuah kesan yang unik dan kesan yang menarik. Hasil motif pembuatannya pun tidak sama sehingga menjadi sebuah keistimewaan tersendiri. Selain itu, jika kainnya yang dipakai cukup unik dan eksklusif

Kain Dalam Proses Tie Dye

Kain untuk pembuatan kaos motif yang satu ini, juga tidak bisa dengan menggunakan sebuah kain yang sembarangan. Pewarnaan yang bisa digunakan hanya dengan jenis kain dengan kandungan serat alami. Misalnya saja untuk kaos jenis katun, rayon, maupun juga yang berbahan sutera.

Jika nantinya menggunakan jenis kain yang sembarangan, maka nantinya warna yang akan digunakan akan mudah luntur. Jika anda ingin memperoleh hasil dari pewarnaan yang bervariasi, anda yang bisa melakukan proses pewarnaan secara berulang. Kaos tie dye yang mampu mengikuti trend fashion dari dulu hingga sekarang. Banyak alasan juga mengapa kaos tie dye ini menjadi motif yang paling unik dan juga yang paling menarik.

Cara membuat kaos tie dye

Jika anda tertarik untuk membuat kaos tie dye? Maka anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini. Proses dari produksi satu kaos tie dye memerlukan waktu kurang lebih tiga hari. Memang alam, jadi nantinya kamu juga harus telaten dalam membuatnya. Pertama-tama, siapkan dulu kaos putih polos dan bentangkan.

Carilah sebuah titik tengah kaos, lalu kemudian dijumput sesuai dengan kreasi yang nantinya akan anda inginkan. Lalu, ikat dengan menggunakan karet atau tali. Pengkaratan ini nantinya akan dilakukan untuk membuat sebuah pola pada baju.

Setelah itu, maka siapkan bubuk pewarna dan kemudian masukkan ke dalam dalam botol. Tambahkan juga air, tapi jangan terlalu encer, agar warnanya tetap konsisten. Warnailah kaos putih polos sesuai dengan kreasi, lalu kemudian jemur di bawah sinar matahari tersebut.

Anda yang juga harus pastikan jika matahari bersinar dengan sangat terik. Sebab hal ini nantinya akan membuat warna kaos anda akan semakin terang dan tampak ‘on point’. Jangan sekali-kali menjemurnya pada saat cuaca sedang mendung, nanti hasilnya tidak akan bagus. Setelah kering, jangan lupa berikan obat fiksasi agar nantinya kaos anda tidak luntur. Hari berikutnya, cuci kembali kaos tersebut, lalu kemudian jemur sampai kering agar nantinya warna dapat terang dan keluar

Demikian itulah beberapa hal menarik tentang kasu Tie Dye yang sekarang ini sedang hits di kalangan anak muda. Kaos ini juga bisa menjadi salah satu ladang berbisnis yang menguntungkan untuk anda, mengingat banyak orang yang sekarang ini menyukai motif tie dye, selain pengerjaannya yang cukup gampang, anda juga dapat menggunakan bahan baku dengan harga yang cukup murah untuk membuatnya dan kemudian anda dapat memasarkannya di internet. Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda dalam mencari inspirasi. Terimakasih.